27 Mar 2017

Trik Simpel Basmi Format Teks yang Bandel

trik-simpel-basmi-format-teks-bandel
Trik Simpel Basmi Format Teks yang Bandel – Blogging dan menulis adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebab pada dasarnya blogging itu sendiri adalah kegiatan menuangkan suatu ide dalam bentuk tulisan, gambar, dan lain-lainnya pada suatu blog. Nah, jadi bagi para blogger tentu menulis bukan lagi hal yang asing. Kebanyakan blogger pasti lebih sering mengisi blognya dengan konten-konten berbentuk tulisan dibandingkan konten berbentuk gambar saja atau video saja tanpa tulisan.

Karena ngeblog bisa dilakukan dimana saja dan lewat perangkat yang beragam tentu tidak setiap saat konten blog tersebut kita tulis langsung secara online pada kotak editor di blog masing-masing. Ada kalanya kita menulisnya secara offline, entah pada memo, microsoft word, atau program lainnya. Atau malah meskipun sedang online kita memilih untuk tetap menulis di microsoft word. Jika dirasa pos blognya sudah selesai barulah kita menyalinnya ke jendela editor pos blog kita. Benar tidak?

Namun sadarkah kamu tak jarang tulisan yang kita salin begitu saja ke dalam jendela editor berbuah keanehan.

Keanehan?

Iya keanehan, misalnya nih ketika tulisan sudah dipublish format tulisannya berbeda dengan yang telah kita tetapkan di blog. Entah style fontnya yang berbeda, ukuran juga, line spacing, dan banyak lagi. Sudah susah payah kita format agar menjadi normal eh tetap saja bentuknya aneh. Bahkan sudah diformat di halaman ms. word dengan format yang sama persis dengan yang ada di blog pun tetap saja tulisannya jadi aneh, terlihat berbeda. Saya pernah lho mengalaminya, dan rasanya itu … luar biasa menjengkelkan. Memang tidak mengganggu, tapi rasanya aneh … apalagi tulisan tersebut memiliki highlight pada teksnya. Selain terlihat ganjil, tulisan tersebut jadi mirip hasil copy paste. Duh. Duh.

Pernah tidak mengalami hal yang serupa?

Jika iya … sudahkah format tulisanmu kembali normal?

Jika belum mungkin kamu belum tahu nih trik simpel untuk mengubahnya. Hanya dengan satu program saja lho yaitu … NOTEPAD.

Iya, notepad yang ini:

notepad
Notepad

Triknya adalah tetaplah menulis pada microsoft word atau program apapun, tapi saya sarankan format teksnya dalam bentuk standar saja. Salin hasil tulisanmu itu ke dalam notepad lalu salin kembali ke jendela editor pos di blog. Format seperti alignment, font style, link dan yang lainnya ditambahkan langsung pada jendela editor di blog saja.

Detail langkahnya yaitu:
1. Buatlah tulisan pada program tertentu (ms. word, memo, dll.).
2. Setelah selesai (dalam bentuk standar, tanpa format teks tambahan) bukalah program notepad pada komputer.
3. Salin seluruh tulisan tersebut ke dalam jendela notepad.
4. Salin kembali tulisan yang telah ada di notepad ke dalam jendela editor pos di blogmu.
5. Ubahlah format teks tulisan tersebut di jendela editor. (Untuk menetapkan style huruf, perataan teks dan lainnya.)
6. Simpan dan publishlah setelah pengeditan selesai.

Oh ya mungkin ada yang bingung kenapa mesti notepad. Memangnya apa gunanya ya mesti disalin di notepad dulu?

Nah, si notepad ini nih gunanya untuk menetralkan format tulisan. Coba deh salin tulisan yang full format teks ke dalamnya, pasti jadinya polos lagi tanpa format apapun.

Tidak hanya untuk ngeblog saja sebenarnya, saat kita menyalin tulisan dari internet pun terkadang format teksnya pasti jadi berbeda kan ketika berada di halaman ms. word? Meskipun diubah dalam bentuk normal tak jarang ada teks yang ‘bandel’. Untuk mengakalinya kamu bisa menggunakan trik yang sama: salin saja ke notepad terlebih dahulu, lalu salin kembali pada ms. word. Dijamin deh tak akan ada lagi teks yang membandel dan aneh di halaman ms. word.

Jadi, jika ada tulisan di blogmu yang membandel coba deh cara ini dulu agar dia tidak terlihat aneh sendiri: berbeda dari tulisan-tulisan lainnya. 

Dengan trik ini tentu format tulisanmu jadi lebih rapi.
Setuju?

Jika iya, yuk cobain trik simpel ini. Terapkan langkah-langkahnya dan rasakan perubahannya. Lalu katakan, “Selamat tinggal teks yang bandel!”. ๐Ÿ˜„

--------------------------
YUK TERHUBUNG!
--------------------------

31 komentar:

  1. Halo mbak, wah makasih banyak ya buat tipsnya. Aku sering nih kayak gini, tulisan berantakan bikin stress. ternyata gampang juga ya triknya. makasih ya :) kapan kapan mau coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan mbak, bikin stress ngeliatnya berantakan. Tapi udah tau triknya sekarang. Hehhehe. Semoga bermanfaat ya mbak :D

      Hapus
  2. Saya baru tahu. terima kasih ya sangat informatif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasama mbak, :) Semoga bermanfaat yaah.

      Hapus
  3. Samaaa! Aku suka banget sama notepad. Apalagi klo bikin tugas kuliah, skripsi dan tesis pada jamannya hehehe. Bener2 ngebantu banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, ini ngerjain tugas sampe proposal juga dibantu notepad. Huehehe. We love notepad pokoknya ya. XD

      Hapus
  4. Aq jg pake notepad, bahkan sejak ngedraft. Tp kadang jg ttp bandel. Klo udah gtu cut paste bolak balik dr notepad ke blog smp bener2 berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, iya mbak. Kadang kalo bandel banget mesti bolak balik sampe berhasil di notepad kan ya >.<

      Hapus
  5. Aq jg pake notepad, bahkan sejak ngedraft. Tp kadang jg ttp bandel. Klo udah gtu cut paste bolak balik dr notepad ke blog smp bener2 berhasil

    BalasHapus
  6. Iya..aku dah pernah... Awalnya bingung juga, di dashboard rapi..knp setelah publish ukuran dan spasi berantakan.. Padahal itu dpt job placement pertama. Bnr2 bikin stress waktu itu. Makasih ilmunya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, yang di dashboard suka nipu kadang". Pas dipublish mulai deh berantakan. Sayang juga ya mba itu job placement pertama, pengennya keliatan rapi dan indah, malah berantakan. -.-"

      Sip mbak, saama-sama :D

      Hapus
  7. Hai mbak....makasih ya infonya bgs bgt. Nanti mau aku coba ah. Salam kenal ya ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhu mbak~ Sama-sama, boleh tuh dicobain biar lebih joss. Hehehe.

      Salam kenal juga mba Nurul ^.^

      Hapus
  8. great tips indeed...well-noted mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^.^ Thankyouuu, I hope this help :D

      Hapus
  9. Selain memakai notepad adakah software lain yang bisa menetralkan font texn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini yang saya tahu hanya notepad. Nanti kalau ada tambahan pasti diupdate :)

      Hapus
  10. Waaat ternyata simpel ya. Ada byk postinganku yang kacau padahal berkali2 dbenerin. Thanks mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, simpel banget yah. Postinganku dulu juga banyak yang kacau. Coba aja kita tahu dari lama ya XD

      Hapus
  11. Aku pernah mbak.... Stress bener deh. Waktu itu dapet placement post. Tau2 pas publish kacau balau tampilannya...
    Sekarang aku netralin nya pake evernote mb..

    BalasHapus
  12. Saya banget tuh mba, tampilan tulisan di blog jadi aneh. Saya ngakalinnya dengan utak atik sana sini, kadang berhasil kadang gatot. Huhuhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama deh mbak, udah diutak atik bukannya berhasil malah gatot kan ya. Hehe. Tapi sesudah pake notepad ini nggak khawatir lagi saya mbak :D

      Hapus
  13. thanks Mbak untuk sarannya ^.^ biasanya emang suka susah atur formatnya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasama mbak :D Saya juga suka susah ngaturnya dulu, kalo udah tau triknya gampang jadinya ya ^^

      Hapus
  14. Beruntunga saya dapat postingan ini. Kepengen praktekin buat blog saya yang terlalu polos itu, tapi takut malah acak acakan karna salah ikuti instruksi. Thanks ya..

    BalasHapus
  15. Wah, ternyata orang lain juga mengalami hal yang sama ya. Dulu aku juga sering banget kezzel karena tulisan jadi acak-acak setelah dipindahkan dari ms. word ke bloggernya. Sebelum tahu trik ini aku sampai menulis ulang di blogger loh. . . kemudian aku ikutin trik ini dan berhasil.

    Eh, ada lagi satu cara yaitu dengan menggunakan lambang "Tx" (remove formatting) di jendela "new post" di bloggernya. Lebih simple ;)

    BalasHapus
  16. wih sama~ kalo text sih udah engga ada masalah ya
    tapi yang ngeselin justru kalo ngatur gambar
    gambarnya suka enggak mau diem dan pas di post berubah posisi
    demi apalah ini kesel bgt /lho jadi curhat

    https://sweetmaymories.wordpress.com

    BalasHapus
  17. Aku belum coba notepad nya nih hehee makasih infonya ya sangat membantu. Jadi alignment dll nanti saja ya di jendela blog? bukan di Notepad? oke deh.

    BalasHapus
  18. Kalau ngetik di hp saya juga biasa pakai note hehe

    BalasHapus

COPYRIGHT © 2017 RUMAH ES · PEKANBARU · INDONESIA